Pages

Rabu, 13 Maret 2013

Profil SMK Negeri 04 Bulukumba


A.    Riwayat Singkat Berdirinya Sekolah
SMK Negeri 4 Bulukumba adalah merupakan sekolah yang letaknya berada dipedesaan ±40 KM dari ibukota kabupaten dan jumlah siswa yang aktif sebanyak 180 orang untuk tahun 2012/2013. Latar belakang pekerjaan orang tua siswa  bervariasi, rata-rata berprofesi sebagai PNS, buruh tani, buruh bangunan, sopir, tukang kayu, wiraswasta bahkan ada beberapa siswa yang sudah yatim piatu.
Program bantuan beasiswa diberlakukan kepada siswa yang berasal dari keluarga pra sejahtera I agar dana bantuan yang di terima dapat digunakan untuk biaya transportasi dari rumah kesekolah, pembayaran uang komite, membeli pakaian seragam, sepatu, buku pelajaran dan kebutuhan lainnya.
Penerimaan siswa baru dimulai pada tahun 2005 dengan membuka dua jurusan, yaitu Teknik Instalasi Tenaga Listrik dan Teknik Pertanian (Agribisnis). Adapun Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dibuka pada tahun 2012 dan dibubarkan kemudian pada tahun 2013.

B.     Visi dan Misi
1.      Visi
Mewujudkan lembaga pendidikan sekolah yang dapat menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang professional, mandiri, terampil, produktif dan inovasi di bidang agribisnis, tanaman pangan dan holtikultura dan teknik insalasi tenaga listrik.
2.      Misi
ü Menyelenggarakan diklat kejuruan yang berwawasan mutu.
ü Melaksanakan diklat kejuruan yang dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan sebagai bekal keahlian untuk menciptakan lapangan kerja bagi dirinya.
ü Menumbuhkan kreatifitas, semangat keunggulan dengan kompetitif guna menghadapi tantangan kehidupan masa yang akan datang serta memiliki keseimbangan IMTAQ dan IPTEK sesuai tuntutan kebutuhan pembangunan.
3.      Tujuan
Ø Mewujudkan Organisasi dan Manajemen sekolah yang berkualitas 
Ø Menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif, mampu bekerja mandiri mengisi lowongan pekerjaan yang ada di DU/DI sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai kompetensi dalam program keahlian yang di pilihnya.
Ø Menyiapkan peserta didik agar mampu memilih karir, ulet dan gigih dalam berkompetisi, beradaptasi dilingkungan kerja dan mengembangkan sikap profesionalisme dalam bidang keahlian yang diminatinya.
Ø Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi dan sesuai agar mampu mengembangkan diri dikemudian hari baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Ø Membekali peserta didik dengan kompetensi-kompetensi yang sesuai dengan program keahlian yang dipilih.
Ø Menyiapkan tamatan SMK yang mempunyai sikap profesional sesuai dengan tuntutan pembangunan berwawasan lingkungan dan tuntutan dilingkungan kerja


0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll