Pages

Minggu, 17 Maret 2013

Pelaksanaan PPL/KKN Pendampingan Mahasiswa UNM 2012-2013


Pelaksanaan PPL mencakup realisasi semua tahap kegiatan PPL baik di kampus (PPL I) maupun di sekolah (PPL II) yang bertujuan untuk mengimplementasikan teori atau konsep dan pengalaman-pengalaman lain yang  diperoleh selama dibangku kuliah ke dalam praktek yang nyata di sekolah dibawah bimbingan atau tanpa bimbingan guru pamong dan dosen pembimbing yang ditunjuk untuk itu. Pembimbingan yang dilakukan oleh guru pamong dan dosen pembimbing itu hendaknya memungkinkan mahasiswa PPL menilai sendiri kinerjanya serta menemukan sendiri kekuatan-kekuatannya, kekurangan-kekurangannya sehingga  dapat merencanakan sendiri usaha-usaha untuk meningkatkan kemampuannya.
Pelaksanaan PPL/KKN Pendampingan di sekolah meliputi jenis dan tahap-tahap kegiatan sebagai berikut, yaitu kegiatan orientasi dan observasi lapangan, latihan mengajar terbimbing, latihan mengajar mandiri, melaksanaan tugas-tugas keguruan non mengajar, serta pemberian bimbningan praktek di laboratorium komputer.
a. Kegiatan Observasi dan Orientasi Lapangan
Kegiatan observasi dan orientasi dilakukan pada saat penerimaan mahasiswa Program Pendampingan  di SMK Negeri 4 Bulukumba, yaitu tanggal 22 Oktober 2012. Dari hasil kegiatan tersebut dapat diperoleh beberapa pengalaman dan informasi tentang SMK Negeri 4 Bulukumba. Pada kegiatan ini kami mahasiswa PPL/KKN Pendamping Universitas Negeri Makassar memperoleh beberapa manfaat:
1)      Mengenal kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru pamong, guru-guru lainnya dan staf sekolah.
2)      Mengenal lokasi sekolah, gedung sekolah, ruangan-ruangan (ruang kelas, ruang guru, ruang tata usaha, ruang bengkel dan fasilitas lainnya.
3)      Mengetahui tugas-tugas seorang guru di sekolah, tata tertib di sekolah, serta aturan-aturan  bagi mahasiswa yang PPL pendampingan.
b.      Kegiatan Latihan Mengajar
Kegiatan ini merupakan kegiatan inti dari seluruh rangkaian kegiatan di sekolah. Sebelum masuk di kelas untuk mengajar, terlebih dahulu mahasiswa harus membuat RPP yang sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) serta sesuai dengan petunjuk dari guru pamong.  Dalam RPP tersebut dipaparkan dengan rinci materi pelajaran yang akan diajarkan, metode yang digunakan serta tujuan yang ingin dicapai sehingga lebih memudahkan guru dalam mengajar.
Kami melaksanakan PPL/KKN Pendamping di sekolah melakukan latihan mengajar sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Kami melaksanakan praktek mengajar di kelas dimana waktu dan jam mengajarnya disesuaikan dengan ketentuan jadwal yang telah ditetapkan. Alokasi waktu mata pelajaran produktif merencanakan, mengurai dan mengujicobakan peralatan listrik penunjang praktek di SMK Negeri 4 Bulukumba adalah 8 jam pelajaran di  mana setiap satu jam pelajaran selama 45 menit.
Pelaksanaan mengajar dalam Program Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan selama 18 minggu. Adapun prosedur pelaksanaan mengajar PPL meliputi :
1)      Tahap pengambilan tugas (dalam hal ini mata pelajaran yang akan dibawakan), dari guru pamong.
2)      Konsultasi dengan guru pamong dan dosen pembimbing tentang materi, media dan sumber belajar.
3)      Membuat format belajar (RPP) yang berlaku di sekolah tempat PPL (SMK Negeri 4 Bulukumba).
4)      Melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar. Dalam hal kegiatan proses belajar mengajar di depan kelas meliputi beberapa keterampilan antara lain:
Ø  Penguasaan materi
Ø  Kemampuan penggunaan strategi pembelajaran.
Ø  Kemampuan berkomunikasi dengan siswa
Ø  Kemampuan mendemonstrasikan khasanah metode mengajar
Ø  Kemampuan mendemonstrasikan penguasaan mata pelajaran dan relevansinya dengan topik dan dimensi pengetahuan yang dituntut dalam topik
Ø  Kemampaun memberikan evaluasi proses dan hasil belajar
Ø  Kemampuan untuk tampil menggunakan bahasa dan perilaku yang tepat.
Ø  Kemampuan menanggulangi masalah yang terjadi selama proses belajar mengajar berlangsung.
5)      Kemampuan teknik pengelolaan nilai siswa.
Pada proses belajar mengajar metode yang kami kembangkan  adalah ceramah, tanya jawab, praktek, serta tugas  mandiri. Untuk mencapai tujuan pembelajaran seperti yang tercantum dalam RPP maka kami mempersiapkan diri sebelum mengajar di depan kelas.
Penampilan dalam mengajar memegang peran yang penting terhadap penguasaan ruangan. Dengan penampilan yang rapi dan menarik, maka siswa akan terdorong untuk mengikuti  apa yang disampaikan oleh guru. Tidak dapat disangkal  bahwa penampilan yang rapi dan menarik sangat menunjang terciptanya suasana belajar. Apabila di depan siswa tercipta gaya mengajar yang terkesan membosankan siswa maka proses pengajaran selanjutnya akan fatal.
c.       Kegiatan Non Mengajar
Kegiatan non Mengajar yang kami laksanakan di SMK Negeri 4 Bulukumba antara lain membantu para siswa cari tempat PSG atau  tempat Prakerin yang berada di wilayah kota Makassar, mengikuti internal sekolah, rmembantu menyusun dan merapikan ruangan laboratorium komputer dan perbaikan pada wilayah administrasi.
d.       Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar
Pelaksanaan proses belajar mengajar di SMK Negeri 4 Bulukumba dilakukan secara terjadwal. Setiap guru bidang studi menjalankan tugas mengajar sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan pada setiap semester. Dalam sepekan kegiatan belajar mengajar berlangsung selama enam hari, yaitu hari senin sampai sabtu.
Pengelolaan dan pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas disesuaikan dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sehingga sebelum melakukan proses belajar mengajar terlebih dahulu harus membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Pelaksanaan kurikulum mata diklat produktif merencanakan dan mempersiapkan kegiatan pemeliharaan peralatan, memelihara peralatan dan rangkaian yang terkait, di SMK Negeri 4 Bulukumba tidak terlaksana sesuai dengan target yang diharapkan. Hal ini terjadi karena kurang memadainya peralatan disekolah untuk diadakan praktek.
Pengadaan sarana dan prasarana sangat menunjang keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah sehingga sangat diharapkan perhatian dari pihak pimpinan sekolah dalam pengadaan sarana dan prasarana pada semua jurusan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll